Kamis, 01 September 2016

ALAM SEMESTA
A. TATA SURYA
 
 Bumi dan benda-benda langit lainnya berada dalam suatu susunan yang teratur. Dengan begitu,bumi tidak bertabrakan dengan benda langt lain. Bumi berada dalam suatu susunan planet yang bernama tata surya. Tata surya terdiri dari matahari,planet-planet,dan benda langit lain.semuanya secara langsung dan tidak beredar mengelilingi matahari.
1. Matahari sebagai Pusat Tata Surya
Image result for gambar matahari
Matahari tampak bulat yang diiringi terpancarnya sinar ke seluruh penjuru. Matahari merupakan pusat tata surya. Matahari dikelilingi oleh planet-planet karena gravitasi(gaya tarik) matahari sangat besar.
                                        

Apakah matahari itu?Matahari merupakan bola gas yang bercahaya. Suhu  pada permukaan nya lebih kurang 6.000 derajat celcius. Sedangkan pada bagian dalamnya lebih panas lagi, yaitu kira kira 15 juta derajat celcius. Diameter nya kira kira 109 kali diameter bumi, dan letaknya lebih kurang 150 juta km dari bumi kita.Matahari disebut juga sumber cahaya atau bintang karena matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri.
2. Planet-Planet


Selain matahari, kadang-kadang mata kita melihat benda-benda di langit yang berpindah-pindah di antara bintang-bintang. Benda-benda yang demikian di sebut planet.
Apa perbedaan antara bintang dan planet? Bintang mempunyai cahaya sendiri, sedangkan planet tidak mempunyai cahaya. Planet hanya memantulkan cahaya yang diterimanya dari bintang-bintang.
Pada bulan Agustus 2006, para ahli astronomi tingkat dunia menyepakati aturan baru tentang pengertian planet, yaitu:
a. Planet adalah benda benda angkasa yang mengorbit mengelilingi sebuah bintang dan benda angkasa itu sendiri bukanlah sebuah bintang
b. Planet berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat seperti bola
c. Orbit(garis edar) planer tidak boleh bersinggungan dengan orbit planet tetangganya.
Sebelumnya, kita telah mengenal sembilan planet yang mengiringi matahari. Ke-9 planet tersebut ialah Merkurius,Venus,Bumi,Mars,Yupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus,dan Pluto. Berdasarkan peraturan baru tentang pengertian planet tersebut, Pluto tidak lagi dimasukkan ke dalam golongan planet. Hal ini disebabkan orbit Pluto bersinggungan dengan orbit Neptunus. Jadi, tata surya kini hanya memiliki 8 planet yang mengelilingi matahari.


Kedelapan planet itu bergerak mengelilingi matahari. Garis edar atau lintasan planet dalam mengelilingi matahari disebut orbit. Arah peredarannya berlawanan dengan arah jarum jam. Peredaran planet-planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Planet-planet itu mengelilingi matahari karena adanya gaya gravitasi matahari. Gaya gravitasi matahari lebih besar daripada gaya gravitasi planet-planet. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali revolusi disebut kala revolusi.Perhatikan kala revolusi planet-planet pada tabel:
Image result for tabel kala revolusi dan kala rotasi planet

Kala revolusi bumi di tetapkan sebagai satuan yang disebut satu tahun. Biddang tempat planet beredar di sebut bidang edar. Bidang edar bumi di sebut bidang ekliptika.

Setiap planet mengalami siang dan malam seperti yang terjadi di bumi. Hal ini membuktikan bahwa planet-planet berputar pada sumbunya. Perputaran planet pada sumbunya di sebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu kali rotasi di sebut kala rotasi.beberapa kala rotasi setiap planet dapat kita lihat dalam tabel diatas.

   Berdasarkan letak garis edarnya, planet - planet digolongkan atas dua bagia, yaitu planet inferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet - planet yang lintasan edarnya berada diantara matahari dan bumi. Planet yang termasuk planet merkurius dan venus. planet superior adalah planet - planet yang lintasan edarnya berada di luar peredaran bumi. Planet yang termasuk planet superior ialah Mars, Yupiter, Saturnus,Uranus,dan Neptunus.

Planet inferior berukuran lebih kecil daripada bumi. Planet superior ada yang berukuran lebih besar dan ada juga yang berukuran lebih kecil dari bumi, Planet superior yang berukuran lebih besar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

3. Sifat dan Keadaan Planet dalam Tata Surya

a. Merkurius
Image result for gambar planet merkurius

Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya. Planet ini letaknya paling dekat dengan matahari. Planet merkurius dapat dilihat langsung dengan mata, tidak perlu alat bantu. Diameter Merkurius lebih kurang 4.878km dan jarak rata-rata dari Matahari adalah 57,9 juta km.Karena letaknya paling dekat dengan matahari, maka planet inilah yang paling banyak mendapatkan cahaya atau panas matahari. Temperatur permukaannya di siang hari dapat mencapai 430 derajat celcius, pada malam hari sangat dingin yaitu -170 derajat celcius. Merkurius bergerak mengelilingi matahari dengan gerakan yang sangat cepat. Sekali putaran mengelilingi matahari, merkurius memerlukan waktu 88 hari di bumi. Jadi, satu tahun di planet merkurius hanyalah selama 88 hari di bumi.Periode rotasinya sangat lama,yaitu 59 hari. Atmosfer merkurius sangat tipis, terdiri dari uap natrium dan kalium.

b. Venus
Image result for gambar planet venus

Planet ini selalu tampak bercahaya terang. Ukuran planet ini hampir sama dengan bumi. Venus kadang-kadang terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga sering disebut Bintang Timur atau Bintang Pagi. Kadang-kadang Venus juga terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga dinamakan juga Bintang Senja, Bintang Barat,atau Bintang Malam. Bintang Kejora adalah sebutan lain dari Venus.

Jarak rata-rata antara Venus dan Matahari adalah 108,2 juta km. Diameter Venus kira-kira 12.100 km. Sekali beredar mengelilingi matahari, Venus memerlukan waktu 224,7(dibulatkan menjadi 225) hari di bumi. Satu tahun bagi Venus adalah 225 hari di Bumi. Satu tahun bagi Venus adalah 243 hari. Hal aneh dari planet ini ialah arah rotasinya yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet yang lain, yaitu dari timur ke barat.Temperatur permukaan nya sangat tinggi(480 derajat) sehingga tidak mungkin terdapat air dalam wujud cair. Tekanan atmosfernya juga sangat tinggi,yaitu kira-kira 90 kali tekanan atmosfer bumi. Planet ini tidak mempunyai satelit.


c. Bumi 
Image result for gambar planet bumi
Bumi merupakan satu - satunya planet di tata surya yang dihuni makhluk hidup. Bumi mempunyai atmosfer yang tersusun dari nitrogen 78%, oksigen 21%, dan sisanya1% terdiri dari argon, karbon dioksida, ozon, dan gas - gas lain. atmosfer melindungi kita dari sinar matahari dan juga benda - benda langit yang tertarik oleh bumi. Diameter bumi kita kurang lebih 12.756 km. Sekitar dua per tiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air.

Satu kali rotasi bumi pada porosnya memakan waktu 24 jam. Bumi juga berputar mengelilingi matahari ( revolusi ),yang memerlukan waktu selama 365 1/4 hari atau 1 tahun kali putaran. Bumi juga memiliki gaya tarik atau gravitasi. Gaya gravitasi bumi menyebabkan kita tetap melekat dipermukaan bumi dan tidak akan melayang atau terlempar. Bumi memiliki sebuah satelit, yaitu bulan. Bulan selalu mengelilingi bumi dalam peredarannya mengitari matahari.


d.Mars
Image result for gambar planet mars
Planet Mars juga disebut planet merah. Disebut planet merah karena jika dilihat langsung dengan mata atau dengan teropong, planet mars tampak berwarna kemerah-merahan. pada saat terang, kita mudah menemukan planet mars di langit, yaitu saat bumi berada di antara mars dan matahari, tetapi tidak pada posisi segaris. Pada saat bersinar lemah, mars berada paling jauh dari bumi dan tampak hanya seperti planet merah.

Pada permukaan mars terdapat kawah-kawah dengan diameter mencapai 200 km. Pada kawah-kawah tersebut tampak ada gejala erosi akibat adanya udara yang tipis. Temperatur rata-rata permukaan mars kira-kira -18 derajat selsius. Pada siang hari, temperatur di mars mencapai 50 derajat sampai 60 derajat selsius. Pada malam hari yang sangat dingin, suhunya dapat mencapai 100 derajat selsius dibawah 0.

Mars mempunyai garis tengah (diameter) 6.786 km. Mars juga berputar pada porosnya seperti bumi. Sekali mars berputar pada porosnya, membutuhkan waktu 24,6 jam dan sekali mengelilingi matahari, membutuhkan waktu 687 hari. jarak rata-rata mars dengan matahari adalah 249,1 juta km. atmosfer mars tipis, tersususn dari karbon dioksida dan nitrogen ( sama dengan venus ) , dan tekanannya sangat rendah, yaitu 0,005 kali tekanan di permukaan bumi. Mars mempunyai 2 satelit, yaitu phobos dan deimos. 


e.Yupiter
Image result for gambar planet jupiter
Menurut orang Romawi Kuno, yupiter adalah raja langit. Nama tersebut memang cocok karena yupiter merupakan planet terbesar didalam tata surya. Massanya lebih kurang 300 kali massa bumi, sehingga yupiter disebut juga Tubuh Raksasa. Planet ini kelihatan sangat cerah karena hampir 70% cahaya matahari yang diterimanya dipantulkan kembali.

Diameter planet ini 142.984 km atau sekitar 11 kali diameter bumi. Jarak planet yupiter ke matahari adalah 778 juta km. Gravitasi planet ini juga lebih besar dari gravitasi bumi. Kala revolusi planet ini lebih kurang 11,9 tahun dan kala rotasinya 9 jam 55 menit.

Atmosfer yupiter terdiri dari hidrgen dan helium atmosfernya dapat mencapai ketebalan 1.000 km dan tidak ada batas yanga jelas antara atmosfer dan permukaan planet. Permukaan planet dan atmosfernya kelihatan nyatu dan menyerupai bola gas. Gas oxigen dan nitrogen sangat kurang sehingga tidak ada kehidupan.

Planet ini memiliki 16 satelit dan yang paling besar antara lain, IO,EUROPA,GANYMADE,dan CALLISTO. Yupiter juga memiliki berjuta-juta satelit kecil yang membentuk sistem cincin yang tipis dan transparan.


f.Saturnus
Image result for gambar planet saturnus asli
Saturnus merupakan planet terindah untuk dipandang. Keindahan tersebut karena adanya cincin-cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan  batu kerikil yang dilapisi es. Diameter planet ini 120.536 km, dan jarak nya dari matahari sejauh 1.426 juta km. Kala revolusinya adalah 29,5 tahun dan kala rotasinya lebih kurang 10,7 jam.

Atmosfer saturnus terdiri dari hidrogen dan helium. Selain itu, ada juga sejumlah kecil gas metana, uap air, dan gas amonia. Saturnus memiliki paling sedikit 18 satelit dan 1 diantaranya yang paling besar adalah Titan dengan diameter 5.120 km.


g.Uranus
Image result for gambar uranus
Planet Uranus di temukan oleh Sir Wilhelm Herschell dari Inggris pada tahun 1781. Planet ini memiliki jarak rata-rata dari matahari lebih kurang 2.869 juta km. Planet ini diselubungi oleh awan tebal sehingga permukaannya sulit di selidiki. Masa peredaran mengelilingi matahari (kala revolusi) sama dengan 84 tahun dan kala rotasinya sama dengan 17 jam, dengan arah rotasi sama seperti venus, yaitu dari timur ke barat. Di planet Uranus, matahari terbit di barat dan terbenam di timur. Diameter nya mencapai 51.118 km.

Planet ini tampak berwarna hijau ke biru-biruan. Atmosfer planet ini terdiri dari hidrogen, helium, dan metana. Karena begitu jauh dari matahari, maka suhu atmosfer planet ini sangat dingin, kira-kira -190 derajat selsius.

Uranus mempunyai satelit sebanyak 15. 5 satelit terbesar adalah Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon.


h.Neptunus


Image result for gambar planet neptunus

Ukuran planet ini lebih besar dari pada Bumi tetapi tidak dapat dilihat tanpa alat bantu karena letak nya sangat jauh. Neptunus sering disebut kembaran uranus dan sering juga disebut planet pembuat ulah karena sering beredar meninggalkan garis edarnya. Keberadaan planet ini diramal oleh John Loweh Adams dari inggris yang berkerja sama dengan Jean Joseph Le Verrier dari prancis pada tahun 1846. Pada tahun yang sama , planet tersebut berhasil diamati oleh Johan Lalle di Berlin.

Diameter neptunus hampir sama dengan Uranus, yaitu 49.528 km. Jarak Neptunus dengan matahari lebih kurang 4.490 km. Jika dilihat dari bumi dengan alat bantu, planet ini tampak redup. Planet ini sebenarnya cerah kebiru-biruan. Atmosfernya terdiri dari nitrogen, helium, dan metana.Temperatur permukaan neptunus sekitar -210C derajat selsius. Jaraknya yang sangat jauh mengakibatkan waktu revolusinya mejadi sangat lama, yaitu 165 tahun, sedangkan kala rotasinya hanya 16 jam. Planet ini memiliki 8 satelit, tiga yang terbesar yaitu Triton, Nereid, dan Proteus.


Image result for perbandingan ukuran planet di tata surya bahasa indonesia\\\          











4. Meteoroid
Image result for gambar meteoritBenda - benda ini bergerak bebas di angkasa dengan kecepatan tinggi. Benda ini disebut Meteoroid. Apabila benda ini tertarik oleh planet yang memiliki atmosfer, misalnya bumi,maka benda tersebut akan berpijar karena bergesekan denga atmosfer planet tersebut. Meteorid yang berpijar sehingga tampak seperti lintasan cahaya tersebut dinamakan meteor. Jika kita melihat ke langit, kadang kita melihat adanya meteor. Ada juga yang menyebut meteor sebagai bintang jatuh atau bintang beralih.
Apabila meteoroid tidak habis terbakar di atmosfer, meteoroid akan sampai di bumi. Batu meteoroid yang sampai di bumi di sebut meteorit. Contoh meteorit ada yang di simpan di Museum Geologi, Bandung.

Image result for gambar kawah meteorJika meteroit berukuran besar, maka permukaan bumi yang kejatuhan meteroit tersebut dapat membentuk kawah. Kawah yang terbentuk disebut kawah meteor. Salah satu contoh kawah meteor terdapat di Wolf Creek, Amerika Serikat. Menurut para ahli, meteor tersusun atas logam besi dan nikel.

                                                                 





5. Komet
  Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dangan garis edar atau orbit yang berbentuk sangat lonjong. Apa bila dia mendekati matahari, komet memdapat dorongan angin matahari  sehingga ekornya yang berpijar berada di belakang nya. Oleh karna itu, orang menyebutnya bintang berekor.

komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang dapat membeku jika jauh dari matahari. Pada saat komet bergerak mendekati matahari, ekornya berada di belakang; sedangkan pada saat komet bergerak menjauhi matahari, ekornya berada di depan. panjang ekor komet dapat mencapai jutaan kilometer. Semakin dekat dengan matahari, ekornya semakin panjang. contoh beberapa komet yang sudah diketahui orang adalah sebagai berikut:


1. komet Encke, muncul setiap tiga tahun
2. komet Halley, muncul setiap 76 tahun
3. komet West, muncul tahun 1976
4. komet Ikeya-Seki, muncul pada tahun 1965
5. komet Kohoutek, muncul pada tahun 1973
6. komet Howard-Koomen-Michels, muncul tahun 1979
7. komet Shoemaker-Levy, muncul pada tahun1993
Image result for orbit komet

6.Asteroid atau Planetoid
Asteroid atau planetoid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang mengelilingi matahari pada linasan tertentu. Bentuk lintasannya menyerupai lingkaran dan kebanyakan berada di sabuk asteroid yang berada di antara orbit Mars dan Yupiter. Selama ini, telah ditemukan lebih dari 5.500 asteroid. Beberapa di antaranya ialah:
a. Pallas, garis tengahnya 545 km
b. Juno, garis tengahnya 233 km
c. Vesta,garis tengahnya 530 km

7. Satelit
Satelit sering disebut pengiring planet karena satelit selalu menemani planet mengelilingi matahari. Ada dua jenis satelit,yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah satelit yang ada secara alami dalam tata surya dan bukan diciptakan atau dibuat oleh manusia. Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan dengan menggunakan roket. Contoh satelit buatan adalah satelit Palapa yang dimiliki oleh negara kita.
A. Satelit alam
 Bumi kita memiliki satu satelit alam yaitu bulan. Planet-planet dalam tata surya kita ada yang memiliki atelit dan ada juga yng tidak memiliki satelit.
Image result for tabel satelit yang dimiliki planet
Di antara semua satelit-satelit yang ada dalam tata surya, hanya bulan yang paling akrab dengan kita. Bulan tidak memiliki sinar sendiri, melainkan hanya memantulkan sinar matahari yang sampai ke bulan. Orang pertama yang menjejakkan kaki di daratan bulan adalah Neil Armstrong. Dari pengamatan para astronaut atau kosmonot,diperoleh informasi bahwa bentuk bulan bulat seperti bola dan permukaannya tidak rata atau bergunung-gunung. Massa bulan kira-kira 1/80 kali massa bumi dan jari-jari bulan kira-kira 1/4 kali jari-jari bumi. Perubahan temperatur di permukannya sangat tinggi,yaitu 110 derajat celcius di tempat yang tidak kena sinar matahari sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan.
Pergerakan bulan memengaruhi keadaan di bumi,misalnya menyebabkan peristiwa pasang naik dan pasang surut di pantai. Pergerakan bulan digunakan juga untuk menentukan penanggalan. Waktu satu bulan dalam kalender Hijriah sama dengan waktu yang digunakan oleh bulan untuk mengelilingi bumi satu kali.
B. Satelit buatan
Satelit buatan biasanya digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Indonesia,misalnya menggunakan satelit buatan sebagai satelit komunikasi. Satelit buatan ada yang digunakan untuk memata-matai musuh(satelit mata-mata) dan ada juga sebagai sarana pemandu pelayaran/penerbangan,siaran radio dan televisi,pemetaan permukaan bumi dan hasil kekayaan yang terkandung dalam perut bumi. Satelit ini biasanya diluncurkan dengan roket ke ruang angkasa. Sebagai contoh, peluncuran satelit komunikasi Palapa C1 milik negara kita pada tanggal 1 Februari 1996 dilakukan oleh roket ATLAS 2 AS milik negara Amerika Serikat.


B. Gerakan Bumi dan Bumi
1.Rotasi bumi
A.bumi berputar pada porosnya 
perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi bumi.
B.pengaruh rotasi bumi 
Bumi berputar ( berotasi ) pada porosnya. Akibat perputaran itu, bagian yang menghadap ke matahari selalu berubah. Bagian bumi yang menghadap matahari menjadi terang. saat itu, waktu siang. Bagian bumi yang membelakangi matahari menjadi gelap saat itu waktu malam. Bumi berotasi dari barat ke timur. Lamanya rotasi bumi adalah 1 hari atau 24 jam.
2.Revolusi bumi 
 A. bumi beredar mengelilingi matahari 
peredaran bumi mengelilingi matahari disebut revolusi bumi. waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali mengitari matahari adalah 365 hari ( 1 tahun ).
B.pengaruh revolusi bumi 
Revolusi bumi ini mengakibatkan terjadinya perubahan musim di bumi. Perubahan musim ini terjadi di belahan bumi utara dan di belahan bumi selatan. Akibat kemiringan sumbu rotasi bumi, bagian bumi utara menerima intensitas sinar matahari yang berbeda dengan bagian bumi selatan. Perbedaan intensitas sinar matahari menyebabkan terjadinya perbedaan musim. Bagian bumi yang menerima intensitas sinar matahari yang besar akan mengalami musim panas. Bagian bumi yang menerima intensitas sinar matahari yang kecil akan mengalami musim dingin.





Hasil gambar untuk gambar tabel perubahan dan perbedaan musim
Di Indonesia, panjang waktu siang hari relatif sama dengan malam hari, masing-masing 12 jam. Sementara, di belahan bumi utara dan selatan selalu berubah pada setiap musim. Akibatnya, lama siang hari kurang dari 12 jam. Makin ke utara, waktu siang makin pendek. Saat belahan bumi utara mengalami musim panas, belahan bumi selatan mengalami musim dingin, begitu pula sebaliknya.
 Bumi mengitari matahari dengan kemiringan dua puluh tiga satu per tiga derajat. 
 3.Rotasi dan Revolusi Bulan
Bulan dalam pergerakannya memiliki 3 gerakan, yaitu:
a. Bulan berputar pada porosnya (berotasi)
b. Bulan mengelilingi bumi (berevolusi)  
c. Bulan dan bumi bersama-sama mengelilingi matahari
A. Rotasi Bulan
Bulan berputar pada sumbunya membutuhkan waktu kira-kira satu bulan, sama dengan revolusinya mengelilingi bumi. Saat bulan mengitari bumi satu kali, bulan juga berputar pada porosnya satu kali. Jadi, waktu rotasi bulan sama dengan waktu revolusinya. karena waktu rotasi bulan sama dengan waktu revolusinya, maka wajah (permukaan) bulan yang tampak dari bumi selalu sama.
B. Revolusi Bulan
 
   

35 komentar:

syolagloria mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kelompok4(6c) mengatakan...

sangat-sangat keren dan kreatif

kelompok4(6c) mengatakan...

sangat-sangat keren dan kreatif

kelompok4(6c) mengatakan...

maafkan kelompok kami yah :v ⬆

kelompok4(6c) mengatakan...

keren..... :v

kelompok4(6c) mengatakan...

keren..... :v

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

mantap hel...
:v,, jgn marah sm ku ya helena

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

helena......
mantav

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

ini angel dari kelompok 1
oiii

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

helena agnesia silalahi

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

kerennnnnnnn

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

lenakkkkkk

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

helenaaaaaaa

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

bgnjhiobhoefahgiw0emhhfm

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

mhhmjtjxjtgrtmjghxmkhfr

putrabatam05(6c) mengatakan...

apaan

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

xmhfmxhmfxhmxmxhm

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

spam blogku hel

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

helenaaaa

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

jenongnya dhika

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

ini AHS lhooo

kelompok4(6c) mengatakan...

mantafffffffffffffff

kelompok4(6c) mengatakan...

mantafffffffffffff

kelompok4(6c) mengatakan...

ku gila dari syol;a

GroupPB02 mengatakan...

gila blognya

putrabatam05(6c) mengatakan...

Thank you for your support gaes :D hehehe

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

blah blah blahhhhh

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

woii

putrabatam05(6c) mengatakan...

jangan ngespam ya

Ciri Khusus dan Perkembangan Makhluk Hidup mengatakan...

hihiii
maapkan anakmu yg satu ini:p

putrabatam05(6c) mengatakan...

apa-apaan ini!

putrabatam05(6c) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
putrabatam05(6c) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar